Loading...

Selasa, 26 Juli 2011

BNK Depok Bentuk Duta Anti Narkoba


Depok, Nusantara Publish – Peringatan Hari Anti Narkotika dan Obat-obatan Terlarang (Narkoba) Internasional, yang jatuh tiap tanggal 26 Juni menjadi momentum berharga bagi BNK Kota Depok dalam menigkatkan kinerjanya.Salah satunya dengan membentuk Duta Anti Narkoba Kota Depok Tingkat Pelajar.
            Disela-sela seleksi ujian tertulis, Audisi pencarian Duta Anti Narkoba, di Kantor BNK Depok, Jalan raya Siliwangi belum lama ini, Sekretaris BNK Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, permasalahan korupsi yang kian berkembang kini, telah menyingkirkan permasalahan Narkoba menjadi tidak ditangani secara prioritas.Padahal, dampak Narkobalebih besar ketimbang kedua masalah tersebut.Dengan begitu, kasus Narkoba semestinya jangan dianggap sepele oleh Pemerintah.
            Dalam seleksi pencarian tersebut, sedikitnya 72 pelajar dari 18 sekolah di Kota Depok mengikuti ujian tertulis, bagi yang lolos dari tes pertama itu ditempa lagi kemampuan dan pengetahuannya lewat tes wawancara, yang mana para pelajar di uji kemampuan dalam memberikan sosialisasi terkait pencegahan Narkoba pada generasi muda dari kalangan pelajar serta untuk menguji pengetahuan mereka soal Narkoba.
            Dari hasil ujian tersebut, terpilih 10 orang menjadi Duta Anti Narkoba Kota Depok dan Wakil Walikota yang juga merupakan Kepala BNK Kota Depok, KH.Dr.M.Idris Abdul Shomad, MA melantik mereka .”Pelantikan dilaksanakan pada 28 Juni oleh Wakil Walikota yang juga merangkap sebagai Kepala BNK Depok”, ungkapnya.
            Lewat Duta Anti Narkoba, tentunya sosialisasi ke masyarakat akan lebih terbantu, pasalnya ketika hendak melakukan sosialisasi, hingga kini BNK masih kekurangan personil.”Dari total 230 ribu pelajar, hanya baru bisa menyentuh 2 ribu pelajar, kemudian dari 858 RW se-Kota Depok, hanya sanggup melayani 10 RW”, papar Welman.
            Sebenarnya menurut Dia, program itu lebih berfokus pada penanganan Narkoba di tingkat pelajar, mengingat mereka umumnya lebih mudah mendengarkan sosialisasi dari kawan sebayanya.Dengan terbentuknya Duta Anti Narkoba, diyakini mampu menjauhkan pelajar dari Narkoba dan Penanggulangan serta Pencegahan, Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), diharapkan dapat semakin mudah diatasi. (Riki)

Tidak ada komentar: